Saint Anthony 1 Primary School Graduation Ceremony
Academic Year 2023-2024

"Perpisahan bukanlah sebuah akhir perjalanan, melainkan awal dari langkah baru menuju masa depan yang lebih cerah." 

    Serangkaian acara disusun dengan sangat rapi dan terarah untuk menyelenggarakan acara pelepasan siswa-siswi kelas VI tahun pelajaran 2023-2024 demi menciptakan acara perpisahan yang berkesan bagi siswa, orang tua/wali, bapak dan ibu guru, bapak dan ibu tenaga kependidikan, serta tamu undangan yang hadir. Kegiatan ini dimulai dengan perarakan peserta didik masuk ke dalam Aula Yayasan Pendidikan Katolik Leo Dehon (YPKLD) kemudian acara pun dibuka dengan doa pembuka yang dipimpin oleh ibu Dra. Restituta Nurhaeni, M.Pd. 

Sambutan - Sambutan

    Setelah mendengarkan kata sambutan dari beberapa pihak, sambutan terakhir disampaikan oleh  Rm. Blasius Sumaryo, SCJ sebagai Dewan Pembina YPKLD. Dalam sambutannya, Romo menyampaikan bahwa komunikasi dan kolaborasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua menjadi salah satu faktor pendukung bagi kemajuan peserta didik dan sekolah. Maka dari itu, romo menekankan bahwa pihak orang tua dan sekolah haruslah mempertahankan hal baik ini. 

Pemberian Penghargaan Prestasi Siswa

    Perjalanan pendidikan selama 6 tahun dijenjang Sekolah Dasar sudah hampir usai, namun prestasi yang mereka torehkan tidak pudar. Maka sekolah memberikan apresiasi yang sangat mendalam kepada siswa-siswi SD Santo Antonius 1 Jakarta khususnya siswa-siswi kelas 6A dan 6B yang telah berprestasi dengan memberikan sebuah piala dan sertifikat penghargaan. Semoga dengan pemberian penghargaan ini, mereka akan tetap bersemangat menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya.

Prosesi Pengalungan Medali

    Acara ini adalah momen yang sangat ditunggu oleh siswa-siswi kelas 6. Pada prosesi Pengalungan Medali ini banyak orang tua yang terharu dengan melihat anak-anak mereka menerima medali sebagai simbol keberhasilan dan penghargaaan atas usaha mereka selama ini pada jenjang Sekolah Dasar. 


Pidato Siswa

    Selanjutnya, salah satu Perwakilan Siswa, Bellvania Marieleta Pasaribu, menyampaikan pidato singkat sebagai ungkapan terima kasih kepada para guru dan orang tua yang telah memberikan dukungan dan bimbingan. Dalam pidatonya, Bellvania juga mengajak teman-temannya untuk terus berprestasi dan menjaga nama baik sekolah di manapun mereka berada. 

Prosesi Pelepasan Siswa dari Sekolah ke Orang tua

    Prosesi ini dilakukan secara simbolik dengan melepaskan atribut sekolah (dasi sekolah) dari siswa yang dilakukan  oleh  bapak kepala sekolah, Bapak Yohanes Iskandar, S.Pd. Lalu sekolah menyerahkan siswa kembali kepada orang tua, diwakilkan oleh orang tua dari Bellvania Marieleta Pasaribu. Dengan dilepasnya atribut sekolah ini menandakan bahwa mereka bukan lagi peserta didik di SD Santo Antonius 1 Bidaracina melainkan mereka adalah alumni SD Santo Antonius 1 Bidaracina angkatan 2024. 

Pemberian Cinderamata dari Kelas 6 ke Sekolah

    Sebagai wujud terimakasih orangtua dan peserta didik kelas 6 kepada sekolah, perwakilan orang tua kelas 6 memberikan sebuah kenang-kenangan berupa foto guru dan tendik kepada pihak sekolah. 

Persembahan Siswa Kepada Orangtua

    Pada acara ini, siswa-siswi kelas 6 memberikan sebuah persembahan menyanyikan lagu "Doa Seorang Anak" dan "Doa untuk Ayah" yang ditujukan kepada kedua orang tua mereka. Deru air mata mengalir di pipi para orang tua yang mendengarkan nyanyian merdu anak-anaknya. Para siswa pun memberikan sekuntum bunga mawar kepada orang tua sebagai tanda cinta mereka untuk kedua orang tua yang sangan dicintainya. 

    Setelah berbagai acara formal pelepasan selesai, acara kembali dilanjutkan dengan berbagai penampilan khusus dari siswa-siswi kelas 6. Mulai dari penampilan puisi, menyanyi, band, modern dance, dan paduan suara. Tak lupa ada juga penampilan bernyanyi dari bapak dan ibu guru serta tendik. Yang tidak kalah menarik adalah orang tua pun ikut tampil dengan bernyanyi bersama. Acara pelepasan ini ditutup dengan menarikan "Ikan Nae di Pante" bersama dengan semua tamu undangan yang hadir.

    Semoga dengan acara pelepasan ini semua peserta didik dapat selalu bersemangat dalam meraih cita-cita mereka dan tak lupa untuk melakukan semangat LOCORESA dalam kehidupan mereka. Selamat sukses kakak-kakak alumni SD Santo Antonius 1 Bidaracina angkatan 2024.  Berkat Tuhan selalu menyertai langkahmu. 

~Salam LoCoReSa~

Pentas Seni MPLS Kelas 1 SD Santo Antonius 1 Jakarta
Jumat, 12 Juli 2024