Workshop Guru SD Santo Antonius I
Jumat, 23 Agustus 2024

Pada hari Jumat, 23 Agustus 2024, seluruh bapak dan ibu guru SD Santo Antonius I mengikuti kegiatan workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan narasumber Bapak L. Julius Juih, M.Pd. 

Pada workshop kali ini, narasumber memberikan materi serta pelatihan bagaimana penilaian dalam kurikulum merdeka serta terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Beliau memaparkan bahwa salah satu penilaian dalam kurikulum merdeka adalah adanya asesmen awal. Asesmen awal ini sangat berbeda dengan pre-test. Asesmen awal dapat diambil dari hasil/nilai dari asesmen sumatif pertama. Beliau juga memaparkan bahwa salah satu metode yang efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka ini adalah metode flipped learning atau pembelajaran terbalik. Dengan metode ini, guru memberikan video pembelajaran untuk dipelajari peserta didik di rumah, sehingga kegiatan belajar disekolah diisi dengan sesi tanya jawab dan peserta didik diberikan tugas yang harus dikerjakan saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Selanjutnya, SD Santo Antonius memiliki ciri khas yaitu dengan menghidupi semangat LoCoReSa dalam kehidupan sehari-hari. Semangat LoCoReSa ini dapat dimasukkan menjadi salah satu dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang disesuaikan dengan makna nilainya atau nilai tersebut juga bisa ditambahkan pada poin baru pada dimensi P5 secara khusus.

Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan dapat menambah ilmu serta pemahaman bapak dan ibu guru SD Santo Antonius I sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya.

Salam Locoresa

Misa Penutupan Tahun Ajaran 2023-2024