Workshop "Mengakomodir Keberagaman Peserta Didik Dalam Filosofi Merdeka Belajar"

Pada hari Jumat - Sabtu, 19 - 20 Januari 2024, Yayasan Pendidikan Katolik Leo Dehon mengadakan kegiatan Belajar Bersama dengan Dr. Br. Gregorius Bambang Nugroho, FIC yang diadakan di SD Santo Antonius 1 Jakarta dengan materi “Mengakomodir Keberagaman Peserta Didik dalam Merdeka Belajar”. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh pendidik dari jenjang SD-SMA tetapi tenaga kependidikan dibawah naungan YPKLD juga turut ikut serta dalam kegiatan Belajar Bersama ini.

Dalam seminar ini, Bruder Gregorius Bambang Nugroho, FIC atau yang biasa dipanggil dengan bruder Bambang menyampaikan informasi yang berkaitan dengan peran pendidik dalam tantangan Merdeka Belajar.

Dalam menghadapi keberagaman peserta didik di era ini, peran pendidik dan tenaga kependidikan sangatlah penting. Peran pendidik dan tenaga kependidikan adalah sebagai “Change Master” atau kunci perubahan. Pendidik dan tenaga kependidikan yang berperan sebagai “Change Master” haruslah mempunyai nilai yang diperjuangkan dan komitmen untuk memperjuangkan, memiliki visi yang jauh ke depan, serta memiliki idealisme dan integritas.

Konsep merdeka belajar mendorong sekolah untuk dapat bertransformatif serta menerapkan sekolah inklusi untuk menghadapi keberagaman peserta didik. Dengan demikian, pendidikan yang transformatif dan inklusif merupakan wujud dari implementasi konsep merdeka belajar.

STUDENTS EXCHANGE FROM BRAZIL VISIT ST. ANTHONY SCHOOL